Dosen Institut Kesehatan Helvetia Edukasi Manfaat Konsumsi Rebusan Ubi Jalar Ungu Naikkan Kadar Haemoglobin Ibu Hamil

PENGABDIAN: Dosen Institut Kesehatan Helvetia menggelar pengabdian kepada masyarakat berupa penyuluhan manfaat mengkonsumsi rebusan ubu jara ungu dengan kenaikan kadar haemoglobin pada ibu hamil di Kabupaten Batubara.(Foto: Istimewa)
PENGABDIAN: Dosen Institut Kesehatan Helvetia menggelar pengabdian kepada masyarakat berupa penyuluhan manfaat mengkonsumsi rebusan ubu jara ungu dengan kenaikan kadar haemoglobin pada ibu hamil di Kabupaten Batubara.(Foto: Istimewa)

BATUBARA ~Nusantaranews– Dosen Institut Kesehatan Helvetia (IKH) Medan melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) berupa penyuluhan kesehatan dengan tema “Manfaat Konsumsi Rebusan Ubi Jalar Ungu Menaikkan Kadar Haemoglobin Pada Ibu Hamil” di Dusun I, Desa Empat Negeri. Kecamatan Datuk Lima Puluh, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara, pada Sabtu (22/07/2023)

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan oleh Bd. Debby Pratiwi, SST., MKM (Dosen Prodi D3 Kebidanan Institut Kesehatan Helvetia Medan) selaku ketua, dan Marlina, SKM., MKM (Dosen Prodi  S1 Kesehatan Masyarakat Institut Kesehatan Helvetia Medan) selaku anggota serta Fani Anjani dan Anis Marsela Sirait (Mahasiswa Prodi D3 Kebidanan).

Debby Pratiwi menjelaskan, program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberitahukan kepada ibu hamil tentang pentingnya mengkonsumsi ubi jalar ungu secara teratur. Sembari memperkenalkan mereka pada berbagai cara memasak dan mengolah ubi jalar ungu. Sehingga dapat meningkatkan kadar haemoglobin dalam darah.

Target pengabdian masyarakat, kata Debby Pratiwi, tentang manfaat ubi jalar ungu terhadap peningkatan haemoglobin dapat difokuskan pada dua aspek utama. Yaitu edukasi dan penerapan praktik sehat dalam mengonsumsi ubi jalar ungu. Berikut adalah target yang dapat ditetapkan.

Edukasi tentang Manfaat Ubi Jalar Ungu dengan menyampaikan informasi kepada ibu hamil dan calon ibu tentang kandungan nutrisi pada ubi jalar ungu yang kaya akan zat besi, folat, vitamin B kompleks, dan serat. Menjelaskan pentingnya zat besi dalam pembentukan sel darah merah (haemoglobin) dan bagaimana defisiensi zat besi dapat menyebabkan anemia pada ibu hamil. Mengedukasi tentang peran folat dan vitamin B kompleks dalam proses pembentukan sel darah merah dan perkembangan janin yang sehat selama kehamilan.

Sedangkan Penerapan Pola Makan Sehat dengan Ubi Jalar Ungu dengan mendorong ibu hamil untuk mengintegrasikan ubi jalar ungu ke dalam pola makan sehari-hari. Misalnya dengan menyediakan resep-resep sederhana dan lezat yang menggunakan ubi jalar ungu. Memberikan panduan tentang cara memasak dan mengolah ubi jalar ungu agar nutrisi tetap terjaga dan mudah diserap oleh tubuh.

Penyebaran Informasi  mengenai manfaat ubi jalar ungu dan cara meningkatkan kadar haemoglobin melalui berbagai saluran, seperti media sosial, selebaran, dan acara komunitas. Dengan melibatkan tokoh masyarakat dan influencer lokal untuk menjadi duta program, sehingga pesan dapat tersebar lebih luas dan dapat lebih dipercaya oleh masyarakat.

Melalui implementasi target-target itu, Debby Pratiwi berharap program pengabdian masyarakat tentang manfaat ubi jalar ungu terhadap peningkatan haemoglobin dapat memberikan dampak positif. Dalam meningkatkan kesehatan ibu hamil dan mengurangi angka anemia pada mereka, sehingga kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan dapat meningkat.

Para peserta sangat semangat menghadiri kegiatan penyuluhan, seorang peserta Jamila dan Ida mengatakan melalui kegiatan penyuluhan yang diberikan di Dusun I Desa Empat Negeri ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan mengenai Manfaat mengkonsumsi ubi ungu tersebut. Peserta merasa senang dengan adanya kegiatan ini, Mereka mengatakan akan mulai mengkonsumsi sesuai dengan informasi yang diperoleh pada saat penyuluhan.

Peserta juga merasa senang menerima hadiah dari kegiatan tanya jawab yang dilakukan setelah penyuluhan disampaikan. Zainab salah satu peserta penerima hadiah mengucapkan terima kasih kepada panitia penyuluhan. “Semoga hadiah ini dapat bermanfaat bagi dirinya dan calon bayi yang akan dilahirkan,” ujarnya.

Selain itu, peserta penyuluhan Khairat menyampaikan jika dilain waktu mereka bersedia jika mendapat penyuluhan lagi dengan topik penyuluhan seputar bayi dan balita.(Agus)

Facebook Comments