Jadi Narsum Pra Kongres Sungai ke 4 tahun 2019 Soekirman “ Sampah Luar Biasa Menyalir ke Sungai”

SEI RAMPAH-NN

Bupati Sergai Ir H Soekirman bahwa kita semua harus lebih menjaga sungai, sebab saat ini sebagaimana kita saksikan sungai mulai rusak, terlihat dari berbagai sungai yang ada di Sumatera Utara terkhusus Sergai. Sungai-sungai kini terlihat begitu luar biasa sampah yang melintasinya. Paparnya saat menjadi nara sumber Pra Kongres Sungai ke 4 tahun 2019 Jumat  (15/3).

“ Banyak Ibu rumah tangga yang mencuci di bantaran sungai, memanfaatkan sungai untuk kebutuhan keluarga, namun dengan semakin banyaknya sampah membuat para kaum ibu terganggu dalam pemanfaatannya” paparnya.

Dengan demikian, kata Soekirman jika kita merestorasi sungai-sungai yang mulai sakit tersebut, bukan tidak mungkin akan banyak makhluk hidup yang akan kembali mendiami sungai sehingga meningkatkan ekosistem alam yang bermanfaat bagi keberlangsungan hidup manusia di massa yang akan datang.

Kembali ditambahkan Bupati  Soekirman bahwa pemerintah memiliki rencana akan menjadikan Sungai Rampah menjadi Objek Wisata sungai yang menyajikan beragam jenis transportasi air, wahana permainan air serta beragam jenis makanan yang dapat dinikmati setiap pengunjung.

Bupati juga berpesan, Jangan jadikan sungai sebagai latar belakang rumah, namun jadikan sungai sebagai latar depan rumah, agar pencemaran sungai dapat terhindari.

Di akhir acara Bupati Sergai Ir H Soekirman bersama peserta  menandatangani Komitmen bersama Pra Kongres Sungai Indonesia, Kabupaten Serdang Bedagai dengan tema pengelolaan Sungai Kabupaten Serdang Bedagai dalam rangka mewujudkan sungai sebagai pusat peradaban bagi peningkatan kualitas hidup manusia.(DR01)

Facebook Comments