Komit Majukan Pendidikan, Plt Bupati Syah Afandin Kampanyekan Merdeka Belajar di Tanah Melayu Bertuah

Stabat,Nusantaranews.co.id – Plt Bupati Kabupaten Langkat Provinsi Sumatera Utara H.Syah Afandin, SH mengkampanyekan Program Merdeka Belajar di Tanah Melayu Bertuah Kabupaten Langkat. Program Merdeka Belajar merupakan Kebijakan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang bertujuan untuk meningkatkan mutu dan memajukan pendidikan di Indonesia.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SMP Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Langkat Gembira, S.Pd, M.Pd (13/7/2023), Plt Bupati Langkat sangat mendukung dan berkomitmen dalam mengembangkan dan menggerakkan program Merdeka Belajar di Tanah Melayu Bertuah julukan Kabupaten Langkagt ini.

“Wujud dukungan dan komitmen Plt Bupati Langkat terhadap program Merdeka Belajar salah satunya adalah dengan Mengkampanyekan Gerakan Merdeka Belajar di sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Langkat. Hampir di seluruh sekolah jenjang SD dan SMP di Kabupaten Langkat telah terpampang baliho Plt Bupati dengan kalimat “Mari Wujudkan Merdeka Belajar”, ungkap Gembira Kabid SMP.

Dengan gerakan kampanye ini, Kepala sekolah, Guru dan siswa diharapkan serius dan berkomitmen dalam menjalankan program Merdeka Belajar di sekolah, dan dengan kampanye ini Plt Bupati mendukung penuh kebijakan Merdeka Belajar yang telah dicetuskan oleh Kemendikbudristek.

“Kampanye Merdeka Belajar Plt Bupati Langkat dilakukan dalam bentuk baliho dan dipasang di tempat-tempat staregis di sekolah. Baliho kampanye Merdeka Belajar ini telah terpasang secara massif di 579 Sekolah Dasar (SD) Negeri dan di 62 SMP Negeri se Kabupaten Langkat”, terang Gembira.

Dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Langkat (13/7/2023), Konsultan Leader Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Sumatera Utara Agus Marwan, S,IP, M.SP sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Plt Bupati H.Syah Afandin, SH. Keberhasilan program Merdeka Belajar Kemendikbudristek ini sangat tergantung kepada dukungan dan komitmen dari pemerintah daerah.

“Kami sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Plt Bupati Langkat yang telah secara massif mengkampanyekan Gerakan Merdeka Belajar di sekolah-sekolah yang ada di Tanah Melayu Bertuah ini. Dengan kampanye ini, diharapkan seluruh sekolah di Langkat bergerak untuk menyongsong dan mengimplementasikan program Merdeka Belajar”, ungkap Agus Marwan.

Lanjut Agus Marwan, selain kampanye Plt Bupati ini, kami harapkan adanya dukungan dari pemerintah daerah dalam bentuk regulasi seperti Peraturan Bupati (Perbup), dan dalam bentuk anggaran (APBD) agar program Merdeka Belajar dapat terimplementasikan secara massif di Kabupaten Langkat.

Sebelum menjabat sebagai Plt Bupati pada 21 Januari 2022, H.Syah Afandin,SH merupakan Wakil Bupati Langkat. Perjalanan karir politiknya dimulai dari menjadi anggota DPRD kabupaten Langkat, kemudian merambah ke DPRD Sumatera Utara. Plt Bupati yang dikenal sangat low profile ini sangat konsern dengan peningkatan mutu dan pemajuan pendidikan di Kabupaten berjuluk Tanah Melayu Bertuah ini.

(bd01)

Facebook Comments