Kunker ke Sergai Kadinkes Tangerang Apresiasi Puskesmas Tg Beringin 

Rombongan Kadinkes  Tangerang dr Desi Riana Dinardianti MKes berphoto bersama dengan Kadinkes Sergai dr Bulan Simanungkalit MKes di Puskesmas Tg Beringin.

NusantaraNews.co.id Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) mengapresiasi program “kaca berbicara” yang dimiliki Puskesmas Tg Beringin, Sergai

Apresiasi itu disampaikan Kadinkes Tangerang dr Desi Riana Dinardianti MKes di dampingi rombongannya  disela-sela kunjungannya dalam rangka kaji banding standard bangunan puskesmas sesuai Detail Engineering Design (DED), Kamis (25/10) di Puskesmas Tg Beringin Sergai.

Kepala UPT Puskesamas Tg Beringin dr. Rina Manurung  memperlihatkan pohon harapan kepada Kadinkes  Tangerang dr Desi Riana Dinardianti MKes didampingi Kadinkes Sergai dr Bulan Simanungkalit MKes 

Dikatakan, program “kaca berbicara” merupakan salah satu bekal yang menarik dalam rangka kampanye dan pelayanan kesehatan serta memperindah ruangan puskesmas.”Awalnya saya heran apa itu “kaca berbicara”. Namun, setelah diamati hal itu merupakan kampanye kesehatan melalui berbagai macam poster,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, pihaknya juga banyak belajar tentang bagaimana standard bangunan puskesmas, mulai dari perencanaan hingga pengaplikasiannya dari segi bangunan nyata. Pihaknya mengaku, akan menerapkan berbagai bekal yang telah diberikan Dinkes Sergai terkait pembangunan puskesmas yang telah memenuhi standard DED.

“Puskesmas Tanjungberingin merupakan salah satu bangunan yang sudah sesuai standard DED dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI. Oleh karenanya, Dinkes Tangerang memilih Puskesmas Tanjungberingin sebagai rujukan pembangunan puskesmas di Kabupaten  Tangerang nantinya,” terang Kadinkes Tangerang.

Sebelumnya, Kadinkes dr Bulan Simanungkalit MKes dalam sambutannya menyampaikan bahwa, berdirinya Puskesmas Tanjungberingin itu tidak terlepas dari peran berbagai pihak seperti, Kemenkes RI, Pemkab Sergai, Inspektorat, Kejaksaan Negeri Sergai, Polres Sergai bahkan masyarakat setempat.

“Guna merealisasikan bangunan puskesmas yang sesuai harapan, Dinkes Sergai terus menjalin kerjasama dengan membentuk berbagai tim untuk menilai maupun mengawasi tahap demi tahap proses pembangunan Puskesmas Tanjungberingin,” ujarnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga terus berupaya meningkatkan dan membenahi kualitas dari segi bangunan maupun pelayanan di 20 puskesmas yang tersebar di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat.”Kami harap, kunjungan dari Dinkes Tangerang ini dapat membawa manfaat dan bisa diaplikasikan ke puskesmas yang ada di Kabupaten Tangerang,” papar Kadinkes Sergai.

Sebelumnya Kepala UPT Puskesamas Tg Beringin dr. Rina Manurung menjelaskan detail satu persatu ruangan serta fungsi  Puskesmas Tg Beringan yang sudah akreditasi Madya ( DR01)

Facebook Comments