Pemkab Sergai Studi Tiru Konsep Sungai Ke Banjar Masin

Rombongan OPD Kab Sergai di sambut wali kota Banjar Masin Ibnu Sina dalam rangka studi tiru konsep sungai
Nusantaranews.co.id~Sergai Saat menghadiri Hari Pers Nasional (HPN) ke 74 tahun 2020 di Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan beberapa waktu lalu, Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman sengaja mengajak sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ke daerah yang dikenal dengan sebutan Negeri Seribu Sungai tersebut.
Diajaknya beberapa Kepala OPD ini, bermaksud untuk mempelajari apa yang sudah diterapkan di daerah Kalimantan Selatan dalam memajukan perekonomian di Kota tersebut. Apalagi kota Banjarmasin ini juga dikenal dengan Wisata Sungainya.
Hal ini dikatakan Bupati Soekirman saat berbincang bincang dengan wartawan di Sei Rampah, kamis (13/2). Menurut Bupati, bahwa kehadiran para Kepala OPD disana itu bukan untuk pelesiran ataupun menghambur hamburkan uang, tapi lebih kepada ke study tiru.
“Kedatangan saya bersama Kepala OPD ke Banjarmasin kemarin, selain untuk menerima penghargaan kebudayaan dari PWI diacara puncak HPN tahun 2020, kita juga ingin mempelajari bagaimana cara mengembangkan konsep Wisata Sungai yang sudah ada di Kalimantan Selatan tersebut,”ungkap Bupati Soekirman.
Dikatakan Bupati, bahwa konsep Wisata Sungai yang ada Kota Banjarmasin ini, dinilai sangat cocok jika diterapkan di Kabupaten Sergai, apalagi saat ini Kabupaten Sergai juga sedang menggalakkan program PATAYA yakni program Pangan, Pariwisata dan Budaya.
“Saya rasa, Wisata Sungai ini sangat cocok kalau dibuat di sungai Rampah ataupun di sungai Perbaungan dan sungai Bah Bolon Sipispis. Apalagi, saat ini juga sudah ada komunitas sungai, seperti di sungai Rampah yang sudah melakukan berbagai kegiatan kegiatan,”ujar Bupati Soekirman.
Bupati juga mengharapkan kepada seluruh Kepala OPD yang ikut ke Negeri Seribu Sungai kemarin, bisa benar benar mempelajari bagaimana cara mengembangkan Wisata Sungai, sehingga nantinya ilmu yang didapat dari sana bisa membawa perubahan di Kabupaten Sergai.
“Saya sangat berharap, ilmu yang didapat di Kalimantan Selatan tersebut, nantinya bisa diterapkan di Kabupaten Sergai,”pungkas Bupati.
Kepala BAPEDA Kab Sergai Prihatinah Sagala mengatakan kunjungan mereka ke Pemko Banjar Masin disambut hangat Wali Kota Banjar Masin Ibnu Sina serta staf ahli Bidang Kerjasama dan Investasi dr.H.Faturrahim SH.MH. Konsep  PATAYA yakni program Pangan, Pariwisata dan Budaya kata Prihatinah akan mengembalikan fungsinya sebagai salah satu tranportasi dari Sei Rampah menuju Tanjung Beringin dan Pulau Berhala.
Lanjut Prihatinah. Sesuai target RPJM salah satunya adalah mewujudkan kampung budaya diantaranya budaya Banjar di Perbaungan ” Studi tiru manfaat sungai bagai mana manfaat sungai sebagai destinasi wisata di Banjar Masin itu bisa terkonsep di Sungai Sei Rampah kita juga akan mengundang wali kota Banjar Masin saat launching  kampung budaya Banjar di Perbaungan” Tutup Prihatinah.(Wan)
Facebook Comments