PENTING NYA PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DAN PEMERATAAN INFRASTRUKTUR SERDANG BEDAGAI

H. Adlin Yusri Tambunan, ST. MSP Bakal Calon Wabup Serdang Bedagai
Infrastuktur merupakan organ yang penting demi kelangsungan hidup sebuah daerah terutama di Serdang Bedagai, sejarah sudah membuktikan dengan pembangunan infrastruktur maka sebuah daerah akan mengalami kemajuan yang pesat, karena dapat memperlancar urat nadi yang menjadi ciri khas daerah akan terekspose ke permukaan umum dan dikenal banyak orang, disamping itu pembangunan infrastruktur harus di barengin dengan pemerataan pembangunan dengan pemerataan pembangunan akan menghilangkan kecemburuan sosial ditengah masyarakat dan masyarakat akan hidup rukun dalam kebhinekaan sehingga menjadi modal untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah.
Dalam sebuah proses pembangunan infrastruktur dibutuhkan berbagai sumber daya untuk mengerjakannya, baik itu sumber daya alam yang menjadi bahan baku atau faktor pendukung pembangunan, maupun sumber daya manusia. Selain keberadaannya sendiri, kebutuhan akan pengolahan sumber daya alam memerlukan keterlibatan tenaga manusia. Hal ini akan membuka lapangan pekerjaan bagi manusia yang berada di daerah tersebut.
Tidak ubahnya pengelolaan sumber daya alam, kegiatan pembangunan infrastruktur itu sendiri juga membuka lapangan pekerjaan bagi penduduk daerah tersebut dan wilayah lain yang terlibat. Misalnya, dalam pembangunan sebuah jalan desa di sebuah daerah akan dibutuhkan arsitek, pekerja bangunan, dan tentu saja pekerja pendukung misalnya penjual makanan dan lain sebagainya. Sehingga secara tidak langsung menjadi bagian dalam penciptaan lapangan pekerjaan bukan hanya di daerah tersebut namun juga wilayah di sekitarnya.
Bukan hanya pada pengerjaannya, meningkatnya ketersediaan lapangan kerja juga dapat menjadi dampak baik dari pembangunan infrastruktur disebuah daerah, dengan terbukanya akses untuk menjangkau daerah tersebut, akan muncul kemudahan dalam arus pengiriman barang baik dari dalam maupun luar daerah yang akan meningkatkan aktivitas ekonomi daerah tersebut. Berbagai produk yang dihasilkan baik itu hasil pertanian, perkebunan, maupun barang produksi dapat dengan mudah dipasarkan di luar daerah dan membuat pasar yang lebih besar.
Selain itu, terbukanya tempat wisata dengan akses yang baik akan memberi pemasukan bagi pendapatan daerah. Lebih penting lagi, wirausaha dan UKM akan muncul perlahan untuk meningkatkan kegiatan ekonomi daerah tersebut.
Dengan terbukanya kesempatan ini melalui pembangunan infrastruktur daerah akan semakin banyak investor yang ikut serta memajukan daerah tersebut dan membuat daerah yang berpendapatan kecil lebih berpeluang untuk meluaskan kesempatannya, pada akhirnya kesempatan yang terbuka akan menimbulkan feed back yang berdampak kepada sesuatu yang lebih besar, yakni pemerataan pembangunan. Pemerataan pembangunan merupakan sebuah langkah yang besar menuju pemerataan ekonomi.
Dengan kemampuan ekonomi yang lebih baik, sebuah daerah pun dapat menghidupi dirinya sendiri. Terbukanya kesempatan bagi suatu daerah berarti terbukanya kesempatan bagi setiap individu di dalamnya. Sehingga, kesenjangan ekonomi antara penduduk sebuah daerah dengan penduduk dari daerah lain dapat dihindari. Jadi, tidak ada lagi desa tertinggal, setelah tercapainya pembangunan infrastruktur daerah yang merata semua desa akan mendapatkan kesempatan yang sama untuk terlibat dalam proses ekonomi.
(H. Adlin Yusri Tambunan ST. MSP Balon Wabup Serdang Bedagai)
Facebook Comments