Ajak ASN Konsumsi Beras Organik, Bupati Sergai Ingin Petani Lokal Lebih Sejahtera

 

SERGAI-Nusantaranews- Beras organik kaya akan manfaat bagi Kesehatan tubuh. Tentunya ini merupakan hal yang sangat penting untuk dikonsumsi setiap harinya.

Jika kita ingin menerapkan pola hidup sehat, tentunya bisa beralih dengan mengkonsumsi beras organik.

Seperti kita ketahui, belakangan ini banyak gaya hidup masyarakat berubah terhadap produk organik. Mereka lebih menyukai produk organik yang lebih sehat. Mungkin juga sudah mulai memahami kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat. Hal ini sangat beralasan, karena beras organik, baik yang coklat maupun yang putih sama-sama bergizi karena mengandung sejumlah besar mineral, vitamin, dan senyawa bermanfaat.

Dilansir dari laman merdeka.com, terdapat manfaat kesehatan yang signifikan dari mengonsumsi beras organik dari pada beras konvensional. Residu pestisida pada beras konvensional sangat berbahaya bagi kesehatan berdasarkan jenis dan tingkat paparannya.

Beras organik, lebih aman, lebih bergizi dan bahkan rasanya lebih enak dari pada makanan non-organik. Berikut beberapa manfaat beras organik bagi kesehatan tubuh yang yaitu; pertama, Dapat membantu dalam menurunkan berat badan. Kita ketahui jika beras organik khususnya beras organik merah kaya akan serat, protein, magnesium, tiamin, kalsium, dan potasium.

Sudah pasti kandungan tersebut dapat membantu meningkatkan metabolisme dan membuang kelebihan lemak. Untuk masyarakat yang ingin menurunkan berat badan, sangat cocok mengkonsumsi beras organik merah. Hal ini karena kandungan selenium dan mangan dalam beras organik dapat membantu menurunkan berat badan.

Kedua, beras organik dapat mengontrol penyakit diabetes. Bagi penderita diabetes, tentu bisa mencobanya dan dapat melihat hasil yang lebih baik setelah mengonsumsi beras organik merah. Indeks glikemik yang rendah membantu mengurangi lonjakan insulin. Selanjutnya, ketiga dengan mengkonsumsi beras organik dapat mengontrol kolesterol sehat. Dalam satu mug beras organik mengandung 80% dari kandungan mangan harian yang dibutuhkan dalam tubuh. Asupan ini membantu tubuh manusia untuk menghasilkan asam lemak sehat yang menghasilkan bentuk kolesterol yang sehat.

Kemudian yang keempat, manfaat beras beras organik  dapat  membantu mengontrol penyakit jantung. Anda dapat melihat peningkatan fungsi jantung setelah mengonsumsi beras organik secara rutin. Dikarenakan mengandung  selenium yang merupakan mineral penting yang diketahui dapat mengurangi kemungkinan penyakit jantung dan jenis kanker tertentu. Studi juga menunjukkan bahwa beras organik dikenal untuk mengobati rheumatoid arthritis.

Sedangkan manfaat beras organik kelima adalah kaya akan antioksidan. Beras organik kaya akan antioksidan yang membantu dalam mengobati stres oksidatif. Konsumsi semangkuk nasi organik setiap hari dapat mencegah atau memperlambat kerusakan sel akibat radikal bebas. Hasilnya adalah perlambatan proses penuaan, diabetes terkontrol, dan penyakit jantung.

Manfaat lainnya beras organik untuk mengatasi gangguan pencernaan. Beras organik putih dikenal dapat memperlancar pencernaan. Makanan ini membantu membakar kalori dan meningkatkan metabolisme, karenanya baik untuk diet penurunan berat badan. Terakhir, beras organik dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan penggunaan bahan kimia atau pestisida yang sangat sedikit, beras organik kaya akan protein dan vitamin alami, yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini juga membantu dalam melindungi tubuh dari kanker, disentri, dan penyakit jantung.

Implementasi Konsumsi Beras Organik Bersama ASN

Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) dikenal dengan daerah lumbung padi dan menjadi salah satu lumbung terbesar di Provinsi Sumatera Utara (Provsu). Oleh karenanya, terkait dengan ketersediaan pangan, Kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Induk, Deli Serdang tentunya mampu berswasembada pangan.

Lewat program cetak sawah mandiri yang digagas oleh Bupati Sergai H Darma Wijaya, mampu menghantarkan sekaligus membawa harum nama Kabupaten Sergai ke tingkat nasional lewat prestasi Anugerah Kebudayaan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat.

Kini, Pemkab Sergai lebih fokus dalam swasembada pangan khususnya ketersediaan beras. Namun akhir-akhir ini tren masyarakat berubah, yaitu penerapan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi produk organic.

Sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan produktivitas beras organik dan mendukung petani lokal, Bupati Sergai H. Darma Wijaya meluncurkan program “ASN Konsumsi Beras Organik” di Pendopo Kerajaan Bedagai, Komplek Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, 14 Februari 2023.

Darma Wijaya mengimbau para petani tidak ikut-ikutan menanam tanaman yang sedang viral dengan harga tinggi, namun ketika panen tiba, mereka mengalami kesulitan dalam pemasarannya karena tidak ada pabrik pengolahannya di daerah.

Ia pun berharap agar petani di daerahnya tidak hanya mengikuti tren, tetapi memahami potensi yang ada di daerah. Dijelaskan oleh Bupati, Kabupaten Sergai memiliki komoditas tanam potensial lain seperti tanaman padi dan ubi kayu yang memiliki pabrik pengolahan sehingga penjualan hasil panen menjadi lebih mudah.

Selain itu saat ini, Bang Wiwik menyampaikan Pemkab Sergai terus mendorong petani untuk menanam padi organik. Lewat dinas terkait, dirinya juga menyebut sudah dilakukan sosialisasi kepada para petani untuk dapat memasarkan beras organik melalui media sosial serta meningkatkan produktivitasnya.

Lewat program ini, Bupati Sergai mengajak seluruh jajaran ASN untuk mengkonsumsi minimal 10 kg beras organik dalam sebulan agar dapat memotivasi para petani untuk menanam padi organik dan meningkatkan hasil produksi.

“Beras organik yang dijual dengan harga Rp15.000/kg ini kaya akan manfaat. Kabupaten Sergai menjadi salah satu lumbung padi di Sumatera Utara, dan untuk meningkatkan produksi padi organik, harus dikombinasikan dengan penggunaan pupuk organik. Harapannya, dengan adanya program “ASN Konsumsi Beras Organik”, beras organik dapat tersedia dan terjangkau bagi masyarakat luas serta membantu petani lokal dalam mengembangkan pertanian organik di daerah tersebut,” tutup Bupati.

Kepala Dinas Pertanian Dedy Iskandar melalui Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH), Kamis (16/2/2023) menyampaikan jika ada ASN yang ingin membeli beras organik bisa melalui Dinas Pertanian Kabupaten Sergai.

“ Kepada ASN yang ingin mengkonsumsi beras organik dapat membelinya melalui Dinas Pertanian Kabupaten Sergai. Namun, untuk bulan Maret mendatang beras organik sudah bisa didapat di Koperasi Konsumen KORPRI Sergai Maju Terus yang berada di Komplek Kantor Bupati Sergai,” pungkas Chairul.***

Facebook Comments