Di Hadapan Tim Wasev, Dandim 0213/Nias Paparkan Kegiatan TMMD ke-110

Dandim 0213/Nias, Letkol (Inf) TP Lobuan Simbolon saat paparkan laporan kegiatan TMMD ke-110 TA 2021 di hadapan Tim Wasev dari Mabes TNI AD
GUNUNGSITOLI~Nusantaranews~ Di hadapan Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) dari Mabes TNI AD, Dandim 0213/Nias, Letkol (Inf) TP Lobuan Simbolon, memaparkan kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 TA 2021, dengan sasaran fisik maupun non fisik yang dilaksanakan di Desa Loloana’a Lolomoyo, Kecamatan Gunungsitoli Utara, Kota Gunungsitoli, Selasa (16/03/2021).
Dalam kegiatan yang berlangsung di ruang rapat (Rupat) Jenderal Sudirman Makodim 0213/Nias itu, Dandim juga mengucapkan selamat datang kepada Tim Wasev yang telah meninjau lokasi sasaran TMMD ke-110 di wilayah Kodim 0213/Nias. Dandim mengatakan, kegiatan sasaran fisik TMMD ke-110 di Kodim 0213/Nias meliputi, pembukaan badan jalan.
“Pembukaan badan jalan dilaksanakan di Desa Loloana’a Lolomoyo menuju Desa Gawu-Gawu Bouso. Kemudian, dari Desa Loloana’a Lolomoyo menuju Dusun I Desa Niko’o Tano Dao, Kecamatan Gunungsitoli Alo’oa, sepanjang 6.000 meter dan lebar 8 meter,” ujar Dandim yang juga menjadi Dansatgas TMMD itu.
Selain itu, lanjut Dandim, di lokasi sasaran TMMD juga dilaksanakan penggalian parit di kanan dan kiri jalan sepanjang 12.000 meter, lebar 1 meter, dan tinggi 1 meter, serta pengecatan gereja sebanyak 3 unit di masing-masing desa. Sementara sasaran non fisik meliputi, penyuluhan masyarakat tentang bahaya Covid-19, penyakit tidak menular, Stunting, Posyandu dan Posbindu, PTM, maupun KB Kes.
“Tak hanya itu, Satgas TMMD juga lakukan sosialisasi hukum, bahaya narkoba, bahaya gangguan Kamtibmas, wawasan kebangsaan, bahaya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), dan ketahanan pangan (Ketapang) maupun penyuluhan sosial/kemanusiaan,” imbuh Dandim seraya memaparkan secara singkat kondisi geografi, demografi, dan sosial di wilayah Kota Gunungsitoli.
Mewakili Walikota Gunungsitoli, Arham Dusky Hia, di kesempatan itu mengatakan, pada prinsipnya pemerintah daerah sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan TMMD ke-110 TA 2021. Sebab, dengan adanya kegiatan TMMD, banyak manfaat yang akan diterima masyarakat, terutama membuka keterisoliran di wilayah.
“Pemerintah Kota Gunungsitoli sangat mengapresiasi atas hadirnya program TMMD ini. Diharapkan, kegiatan TMMD bisa memberikan manfaat terhadap percepatan pembukaan akses masyarakat maupun pelayanan dasar masyarakat yaitu pendidikan, kesehatan, dan yang paling penting adalah menghubungkan sentra-sentra produksi masyarakat,” kata Arham.
Sementara itu, Ketua Tim Wasev, Kolonel (Inf) Agustinus Serial Budhi Soepijo, dalam sambutannya menjelaskan, pengawasan dan evaluasi TMMD TA 2021 bertujuan untuk mengukur kinerja maupun organisasi satuan tugas (Satgas) dimulai dari tahap perencanaan, persiapan, pelaksanaan, dan proses pengakhiran (finishing). Diharapkan, kegiatan TMMD berjalan secara optimal, evektif, efisien, meski dilakukan di tengah pandemik Covid-19.
“Tujuan kegiatan TMMD juga, selain untuk membantu percepatan pembangunan di daerah, diharapkan membantu mengatasi kesulitan rakyat serta sebagai sarana guna mempererat kemanunggalan TNI dengan rakyat,” tutur Ketua Tim Wasev.
Dikatakan, program TMMD juga melalui proses perencanaan yang mengutamakan aspirasi dan kepentingan masyarakat. Di lokasi sasaran TMMD juga melalui proses mekanisme bottom up planning, serta dilaksanakan secara komprehensif dan integral dengan melibatkan semua unsur-unsur terkait, dimulai dari tingkat desa, kelurahan hingga kabupaten/kota.
Sasaran-sasaran yang telah dipilih dalam kegiatan TMMD juga berdasarkan skala prioritas diteliti dan dipadukan dengan program pemerintah daerah. Lalu dibahas di forum DPRD untuk disahkan menjadi program TMMD. Setelah kegiatan selesai, hasil TMMD diserahkan ke pemerintah daerah untuk dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat.
“Atas nama Kepala Staf TNI AD (KASAD), kami mengucapkan terima kasih serta memberi penghargaan kepada pemerintah daerah dan seluruh komponen masyarakat atas kerjasama serta semangat gotong-royong dalam mendukung kelancaran kegiatan TMMD yang sedang berjalan saat ini,” sebutnya.
Tak lupa, pada kesempatan itu, Ketua Tim Wasev berpesan kepada seluruh anggota TNI, Polri, aparat pemerintahan dan seluruh undangan, yang pertama untuk senantiasa memupuk dan mengembangkan, semangat gotongroyong serta terus memelihara kemanunggalan TNI-Rakyat agar kegiatan TMMD dapat berjalan dengan lancar. Kedua, tingkatan kepedulian untuk memelihara dan merawat dengan sebaik-baiknya hasil TMMD ke-110 agar dapat dimanfaatkan dalam waktu yang panjang.
Ketiga, sasaran fisik yang telah ditetapkan untuk dibangun harus didorong dengan tumbuh kembangnya usaha-usaha masyarakat di bidang perekonomian guna meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat dan mendukung pemerintah dalam hal pemerataan pembangunan dan pengetasan kemiskinan. Keempat, sasaran non fisik yang dilaksanakan, diharapkan dapat mendorong tumbuhnya kreativitas masyarakat dalam mengangkat kualitas kehidupan ke arah yang lebih baik, maju, sejahtera, dan mandiri.
Selain itu, harapan yang diinginkan yakni, meningkatnya wawasan kebangsaan, cinta tanah air, patriotisme, dan kesadaran bela negara. Kelima, pelihara hubungan yang sudah bejalan baik selama ini antara aparat TNI beserta jajarannya dengan Polri, Pemda, maupun dinas dan instansi terkait, aparat desa serta tokoh masyarakat, adat, dan agama sehingga kemanunggalan TN dengan rakyat semakin tangguh.
Keenam, di pelaksanaan kegiatan TMMD, kiranya diperhatikan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19, tanpa mengurangi makna dan semangat gotong-royong. Lalu, Ketua Tim Wasev mengajak segenap pihak untuk berdoa bersama, dengan harapan semoga apa yang dicita-citakan yakni, terwujudnya masyarakat adil, makmur, dan sejahtera dapat dikabulkan Tuhan Yang Maha Esa.
“Dan semoga, kita senantiasa diberikan petunjuk dan bimbingan-Nya dalam rangka lanjutkan pengabdian terbaik bagi bangsa dan negara,” tutup Ketua Tim Wasev yang sehari-hari bertugas sebagai Inspektur Utama Bendahara (Irutben) Inspektur Pusat Teritorial Angkatan Darat (Itpusterad) itu.
Pantauan awak media, sebelumnya Danki SSK, Letda (Inf) Fadusi Zega, melaporkan kepada Tim Wasev terkait progres kegiatan di lokasi sasaran TMMD ke-110 TA 2021 di wilayah Kodim 0213/Nias. Acara diakhiri dengan doa bersama. Tampak dampingi Ketua Tim Wasev yakni, Mayor (Arh) Yaya Suhaya.
Kemudian hadir juga di acara itu, staf ahli Pangdam I/BB bidang Sosbud Kolonel (Inf) Tumpal Mangasa Tanjung, SSos, Pasi Bakti Korem 023/KS Kapten (Inf) M Idris, mewakili Kepala Bappeda, mewakili Kepala Dinas PUPR, mewakili Kapolres Nias, Danposal Gunungsitoli, serta Pa Staf Kodim 0213/Nias.(Za)
Facebook Comments