Dosen Institut Kesehatan Helvetia Edukasi Pemanfaatan Buah Pepaya Tingkatkan Kadar Hemoglobin Pada Remaja Putri

PENGABDIAN: Dosen Institut Kesehatan Helvetia (IKH) Medan foto bersama dengan peserta kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Pemanfaatan Buah Pepaya Terhadap Peningkatan Kadar Hemoglobin Pada Remaja Putri. (Foto: Istimewa)
PENGABDIAN: Dosen Institut Kesehatan Helvetia (IKH) Medan foto bersama dengan peserta kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Pemanfaatan Buah Pepaya Terhadap Peningkatan Kadar Hemoglobin Pada Remaja Putri. (Foto: Istimewa)

MEDAN~Nusantaranews– Dosen Institut Kesehatan Helvetia (IKH) Medan melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Pemanfaatan Buah Pepaya Terhadap Peningkatan Kadar Hemoglobin Pada Remaja Putri di SMA Sinar Husni Medan, Jalan Veteran Gang Utama, Pasar V, Helvetia, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara pada Sabtu. 22 Nopember lalu//

Kegiatan pengabdian masyarakat ini diketuai Bd Ivansri Marsaulina SST.M.Kes (Dosen Prodi S1 Kebidanan dan Profesi kebidanan Institut Kesehatan Helvetia Medan), dengan anggota Bd.Muthia Sari Mardha SST.M.Kes, Endriyani Syafitri SKM.M.Kes (Dosen Prodi D3 Kebidanan Institut Kesehatan Helvetia Medan), serta Ade Rohani LinggaNadira Liliani Nasution (Mahasiswa Prodi S1 Kebidanan dan Profesi Bidan). Didampingi Kepala sekolah SMA Sinar Husni.

Ivansri Marsaulina menjelaskan, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan menambah wawasan pada remaja putri di SMA sinar Husni. Pada umum nya mereka sering mengalami anemia karena mentruasi setiap bulannya.

Sedangkan, target PKM, ujar Ivansri Marsaulina, agar Ppara remaja putri  harus mempersiapkan diri dalam menghadapi jadwal mentruasi. Kemampuan remaja dalam diri dalam persiapan menghadapi menstruasi sangat dibutuhkan Sehingga para mahasiswi tidak sempat mengalami anemia didalam menjalani aktifitas pembelajaran. Walaupun sedang mengalami menstruasi.

“Setelah siswi memahami dan menjalani program yang kita lakukan. Kita berharap siswi-siswi dapat melaksanakan dan menjalankan mengkomsumsi buah papaya setiap hari. Tidak hanya meningkatkan hemoglobin buah papaya juga sangat banyak manfaatnya dapat melancarkan saluran pencernaan,” tambah Ivansri.

Edukasi berupa penyuluhan ini dilakukan karena para siswa mengaku belum mengerti dan tidak mengetahui bahawa buah pepaya dapat meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh. Apabila di komsumsi secara teratur. Mereka terlihat baru mengetahui tentang kandungan buah papaya dan manfaat buah papaya tersebut.

Oleh karena itu, kurangnya pengetahuan dan kesiapan siswi-siswi dalam menghadapi menstruasi menyebabkan penyuluhan ini sangat dibutuhkan oleh remaja putri  yang ada di SMU Swasta Sinar Husni Medan.

Ivansri Marsaulina memaparkan, Mengkomsumsi buah pepaya pada remaja putri adalah suatu tindakan mencegah terjadinya anemia pada remaja putri. Sehingga tidak terjadi pada saat sedang mengaami mentruasi setiap bulannya dan memelihara kesehatan pada masa pertumbuhan remaja putri. Hal ini sangat bermanfaat baik untuk remaja putri  maupun remaja-remaja yang akan menjelang masa mentruasi.

Tujuannya  untuk memelihara agar kondisi remaja-remaja tersebut tetap terjaga sebelum dan sesudah mengalami mentruasi yang selalu mereka alami dan rasa nyaman yang mereka alami pada saat menjelang menstruasi agarkondisi tubuh dan psikis tetap dapat tumbuh dengan sehat.

Diharapkan dengan penyuluhan ini dapat meningkatkan pengetahuan remaja putri  yang ada di SMU Swasta Sinar Husni Medan.

Para peserta sangat semangat menghadiri kegiatan penyuluhan ini. Eka Puspa Sari dan Silfia Sahdarani mengatakan, melalui kegiatan penyuluhan yang diberikan di sekolah mereka ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan. Mengenai kesiapan mereka dalam menghadapi menstruasi agar tubuh mereka tetap terjaga dengan baik dan tidak sampai sakit menjelang atau sedang menjalani menstruasi. Peserta merasa senang dengan adanya kegiatan ini, mereka mengatakan akan rajin mengkomsumsi buah pepaya sesuai dengan informasi yang diperoleh pada saat penyuluhan.

HADIAH: Dosen Institut Kesehatan Helvetia (IKH) Medan menyerahkan hadiah pada peserta penyuluhan  Pemanfaatan Buah Pepaya Terhadap Peningkatan Kadar Hemoglobin Pada Remaja Putri. (Foto: Istimewa)
HADIAH: Dosen Institut Kesehatan Helvetia (IKH) Medan menyerahkan hadiah pada peserta penyuluhan Pemanfaatan Buah Pepaya Terhadap Peningkatan Kadar Hemoglobin Pada Remaja Putri. (Foto: Istimewa)

Peserta juga merasa senang menerima hadiah dari kegiatan tanya jawab yang dilakukan setelah penyuluhan disampaikan. Salah satu peserta yang menerima hadiah tersebut mengucapkan terima kasih kepada panitia penyuluhan, semoga hadiah ini dapat bermanfaat bagi dirinya. “Jika dilain waktu kami bersedia jika mendapat penyuluhan lagi dengan topik penyuluhan seputar kesehatan reproduksi,” ucap Khairati.(Agus)

Facebook Comments