Institut Kesehatan Helvetia Medan Beri Edukasi Kesehatan IMD pada Ibu Hamil di Sunggal

PENGABDIAN: Dosen dan mahasiswa Institut Kesehatan Helvetia Medan foto bersama dengan peserta pengabdian kepada masyarakat di Klinik Pratama Sunartik.(Foto: Istimewa)
PENGABDIAN: Dosen dan mahasiswa Institut Kesehatan Helvetia Medan foto bersama dengan peserta pengabdian kepada masyarakat di Klinik Pratama Sunartik.(Foto: Istimewa)

MEDAN ~Nusantaranews– Dosen dan mahasiswa Institut Kesehatan Helvetia menggelar pengabdian kepada masyarakat di Klinik Pratama Sunartik di Jalan Sei Mencirim, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, pada awal Pebruari lalu.

Para Dosen dan mahasiswa Institut Kesehatan Helvetia memberikan edukasi kesehatan pada belasan ibu hamil. Mereka memberikan pengetahuan persiapan ibu hamil dalam melaksanakan isiniasi menyusui dini pasca persalinan.

Tim diketuai Sri Juliani SKM, MKes, Dosen Prodi D4 Kebidanan Institut Kesehatan Helvetia Medan. Bersama anggota, Nurrahmaton SST, MKes, dan Dewi Sartika SST MKM, Dosen Prodi D4 Kebidanan Institut Kesehatan Helvetia Medan. Serta mahasiswa Prodi D4 Kebindanan, Yopi Indah Sari dan Liza Mulyani.

Sri Juliani menjelaskan, pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan memberikan pengetahuan kesehatan kepada ibu hamil di Klinik Pratama Sunartik. Mengenai persiapan ibu hamil dalam melaksanakan IMD (inisiasi menyusui dini) pasca persalinan. “Karena masih dijumpai ibu hamil yang belum memahami pentingnya pelaksanaan IMD setelah 30 menit bayi lahir. Agar bayi mampu memperoleh ASI (air susu ibu) pertama kali keluar dengan cara bayi bergerak sendiri mencari payudara ibu,” jelas Sri Juliani.

Target pengabdian kepada masyarakat ini, papar Sri Juliani, agar ibu hamil mengerti pentingnya pelaksanaan IMD setelah bayi lahir. Ditambah ibu bersedia untuk melaksanakan IMD setelah persalinan. “Sehingga ibu mendapat pengetahuan baru mengenai IMD dan diharapkan dapat merubah prilaku ibu yang selama ini tidak bersedia dalam melaksanakan IMD,” ujar Sri Juliani.(AS)

Facebook Comments