Kacabdis Kab Sergai Imbau Siswa SMA/MK Tak Ikuti Unras Anarkis

Kacabdis Seirampah Yeddy Effendi Sipayung
NusantaraNews.co.id, Serdang Bedagai
Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sumut, Dr Drs Arsyad Lubis MM melalui Kepala Cabang Dinas (Kacabdis) Seirampah, Drs Yeddy Effendi Sipayung MPd mengimbau kepada segenap siswa SMA/MK agar tak mengikuti unjuk rasa (unras), apalagi sampai berujung anarkis.
“Sesuai surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), kami telah menekankan kepada kepala sekolah, pengawas, guru, dan orangtua agar sama-sama memantau para siswa khususnya dilingkungan Cabdis Kab Sergai  supaya tak terlibat unras anarkis. Kita juga mengimbau kepada para siswa agar lebih fokus untuk belajar bukan berdemo,” ujar Sipayung  melalui telepon selulernya, Senin (30/9).
Saat disinggung terkait diamankannya 2 orang siswa kelas XII asal Kecamatan Pantaicermin Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) yakni, RW (18) dan AM (17) akibat hendak mengikuti unras di Medan, pihaknya mengaku telah berkoordinasi dengan pihak sekolah agar hal seperti itu tak terulang lagi di kemudian hari.
Dikatakan, pihaknya juga telah mengetahui bahwa kedua siswa itu saat ini telah diserahkan ke BNNK Sergai untuk menjalani proses perawatan rehabilitasi karena diketahui positif narkoba. Pihaknya juga berterimakasih kepada BNNK Sergai yang telah menerima 2 siswa itu untuk dilakukan rehabilitasi.
“Sejauh ini, kami telah bekerjasama baik dengan Pemkab Sergai, kepolisian ataupun BNNK untuk rutin menggelar penyuluhan tentang bahaya narkoba di sekolah. Guru-guru pun kita imbau untuk gencar menyosialisasikan pengetahuan tentang bahaya narkoba,” jelas Sipayung.
Terakhir, Kacabdis mengimbau kepada orangtua agar memerhatikan dan mengawasi pergaulan anak didik selepas pulang sekolah. Sebab, menurutnya, pihaknya hanya bisa mengawasi ketika anak didik berada di lingkungan sekolah saja.
“Sementara, ketika anak berada di luar sekolah atau di sekitar rumahnya, bahaya narkoba juga terus mengintai. Maka dari itu kita harapkan kerjasama orangtua dalam mengawasi pergaulan anak ketika berada di luar sekolah,” harap Kacabdis Seirampah.
Sebelumnya, dua orang siswa asal Pantaicermin yakni, RW dan AM diamankan tim gabungan TNI-Polri. Kedua pelajar tersebut diamankan saat tim menggelar patroli di seputaran Jalinsum Tanjungmorawa. Saat itu, tim mencegat sebuah truk berisi 39 orang yang diantaranya, RW dan AM dengan tujuan hendak unras ke DPRD Sumut.
Ketika dites urine, kedua pelajar tersebut dinyatakan positif narkoba. Guna proses rehabilitasi, Polres Deliserdang dalam hal ini diwakili Wakapolres Kompol Hendrawan menyerahkan berkas kedua pelajar tersebut ke BNNK Sergai.(Dr01)
Facebook Comments