Pemkab Sergai Peringati Hari Lingkungan Hidup  Bupati Soekirman Apresiasi 100 Ribu Bibit Nila PT. AN

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman bersama Wabub Sergai H. Soekirman dan GM PT. AN Juan Carlos menabur bibit nila di sungai Rampah.
NusantaraNews.co.id, Serdang Bedagai 
      Pemerintah Kabupaten Sergai memperingati hari lingkungan hidup dan hari bumi yang dipusatkan di Bantaran Sungai Rampah, Desa Seirampah, Kecamatan Seirampah, Kamis (24/10).  Kegiatan diisi dengan penanaman pohon produktif di sepanjang bantaran Sungai Rampah dan penaburan 100 ribu bibit ikan nila oleh Bupati Sergai Ir H Soekirman bersama Wabup H Darma Wijaya dan unsur Forkopimda.
       Pada kesempatan itu, bupati juga menyerahkan  piagam penghargaan kepada Nazaruddin selaku pengurus PMPBD yang selama ini diangap peduli terhadap kelestarian sungai dan lingkungan, Drs Joni Walker Manik MM yang menggalakkan program Gerappah serta kepada para petugas kebersihan. Selain itu, bupati juga menyerahkan piala kepada para juara lomba pidato, lomba pengetahuan tentang lingkungan serta lomba daur ulang sampah tingkat pelajar SMA, SMP dan SD.
      Usai penanaman pohon dan  penaburan bibit ikan, Bupati Sergai, Ir H Soekirman, didampingi Wabup, H Darma Wijaya mengatakan, peringatan hari lingkungan hidup dan hari bumi ini merupakan aksi pemerintah daerah bersama Forkopimda dan masyarakat yang bertekad untuk melestarikan lingkungan, khususnya di bantaran Sungai Rampah. Dia juga meminta kepada seluruh camat dan kepala desa untuk menjaga dan melestarikan lingkungan dan aliran sungai yang ada di wilayah kerja masing-masing.
       Dikatakannya, ke depannya Sungai Rampah akan ditata dan dikembangkan menjadi salah satu destinasi wisata air untuk menunjang program pangan, pariwisata, dan budaya (Pattaya) yang saat ini sedang di galakkan di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat.
       Soekirman tidak juga lupa menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada GM PT Aquafarm Nusantara, Juan Carlos Martinez dan jajaran atas kontribusi dan turun langsung mengikuti rangkaian kegiatan peringatan hari lingkungan hidup di Sergai. “Kami sampaikan terima kasih dan apresias kepadai PT Aquafarm Nusantara karena telah turut membangun Kabupaten Sergai melalui usaha budidaya perikanan yang menyerap banyak tenaga kerja lokal,” ungkap Soekirman.
      Masih di lokasi yang sama, GM PT Aquafarm Nusantara, Juan Carlos Martinez didampingi Senior Eksternal Affairs Manager Kasan Mulyono dan Senior Community Affairs Manager Dian Octavia mengatakan, pihaknya  sangat mendukung program pemerintah Kabupayen Sergai dalam menjaga kelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat.
       “Ke depannya, kita akan lebih bersinergi lagi dengan pemerintah daerah untuk  mendukung pelaksanaan program pemerintah daerah dalam rangka melestarikan lingkungan maupun program pemberdayaan masyarakat”, terang pria berwarga negara Spayol yang fasih berbahasa Indonesia ini.
       Dian Octavia menambahkan, pada kegiatan ini, pihaknya menyerahkan 100 ribu bibit ikan nila untuk ditabur di aliran Sungai Rampah dengan harapan, dapat memberikan manfaat kepada masyarakat untuk meningkatkan perekonomian serta dapat melestarikan ekosistem sungai tersebut.
       Dikatakannya, dalam tahun ini, pihaknya sudah menyerahkan lebih 500 ribu ekor bibit ikan nila di seluruh daerah wilayah operasional perusahaan tersebut, untuk membantu pelestarian lingkungan dan bersih sungai seperti, Samosir, Simalungun, Semarang, termasuk Sergai.
     “Kegiatan ini sejalan dengan  program PT Aquafarm Nusantara yakni program bersih sungai dan danau yang menjadi salah satu dari lima pilar program PT Aquafarm Nusantara selain pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan penghijauan”, terang Dian Octavia.
Hadir mengikuti kegiatan, Bupati Sergai, Ir H Soekirman, Wakil Bupati (Wabup) H Darma Wijaya, Kajari Jabal Nur SH MH, Kapolres AKBP Juliarman Eka Putra Pasaribu, Kasdim 0204/DS Mayor Muhsin, General Manager (GM) PT Aquafarm Nusantara Juan Carlos Martinez dan jajaran, para Asisten, Staf Ahli Bupati, kepala OPD, para camat, Kades Seirampah Munajad, Ketua Komunitas Perhimpunan Masyarakat Peduli Sungai Bedagai (PMPBS) Nazaruddin dan jajaran serta para pelajar yang tergabung dalam komunitas gerakan pelajar peduli sampah (Gerappah). (Dr01)
Facebook Comments