Pilkada di Era Covid-19 Jumlah TPS Jadi 1400 KPUD Sergai Gunakan Medsos Dongkrak Partisipasi Pemilih

KPUD Kab Sergai mengelar bimtek dengan media dalam pemilihan Bupati dan Wabup Sergai Kamis (18/7) di aula KPUD Kab Sergai.
SERGAI~Nusantaranews~ Menjawab pertanyaan Metro 24 partisipasi pemilih di situasi pandemi covid-19. Misriani, SE Komisioner KPUD Kab Serdang Bedagai (Sergai) mengatakan akan memaksimalkan penggunaaan media sosial (Medsos) sebagai sarana sosialisasi untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pilkada Sergai tahun 2020.
” Kita akan menggunakan Medsos untuk sosialisasi guna meningkatkan partisipasi pemilih, begitu juga bantuan media yang juga ikut membantu mensosialisasikan kepada masyarakat” paparnya Misriani  saat tanya jawab pada bimtek kepada Media dalam pemilihan Bupati dan Wabup Sergai Kamis (18/07/2020 di aula KPUD Kab Sergai.
Dalam Bintek itu. Ketua KPUD Sergai Erdian Wirajaya, S.Sos memaparkan terjadi perubahan dalam pelaksanaan Pilkada Bupati dan Wabup Sergai tahun 2020. Perubahan itu diakibatkan dampak pandemi covid-19 hingga menunda beberapa tahapan pemilu.
Seiring dengan dikeluarkannya Peraturan KPU (PKPU) Nomor 5 Tahun 2020 mengenai perubahan ketiga atas Peraturan KPU No 15 Tahun 2019 tentang tahapan, Program, dan Jadwal Pilkada Tahun 2020. Pilkada serentak di era pandemi virus Corona ini sejumlah protokol kesehatan pun akan di terapkan pada tahapan pilkada begitu juga dalam perekrutan PPDP. Kata Erdian.
Perubahan yang terjadi kata Erdian salah satunya jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) tadinya berjumlah 1150 TPS terjadi penambahan sebanyak 250 TPS dengan total ada 1400 penambahan adanya pembatasan jumlah pemilih di TPS.
Penambahan TPS, dianggarkan di dalam anggaran KPUD Sergai. Anggaran itu diambil dari kegiatan KPUD sebesar Rp. 2.1 Milyar.” Gerakan pilkada Kab Sergai tahun 2020 kaki ini akan tampak berbeda dengan Pilkada tahun-tahun sebelumnya. Salah satunya, KPU akan menerapkan protokoler kesehatan Covid-19 dalam seluruh tahapan penyelanggaraan pilkada tahun 2020″ papar Erdian.
Dalam bimtek dengan media itu juga dihadiri Waka Polres Sergai Kompol. Sofyan, SH, Ketua Bawaslu Kab Sergai Agusli Matondang, mewakili jubir gugus Tugas Covid-19 Kab Sergai Fadil dan beberapa perwakilan redaksi media.(Maone)
Facebook Comments