Upacara HKN di Sergai Soekirman Soroti Dinas Perpustakaan dan Kearsipan

SEI RAMPAH-NN

Tidak seperti biasanya di peringatan Hari Kesadaran Nasional ( HKN) di Sergai. Bupati Sergai Ir.H.Soekirman lebih banyak  menyoroti Dinas Perpustakaan dan Kearsipan  sebagai wahana pendidikan yang harus mampu mengakses, memahami dan menggunakan informasi secara cerdas melalui gerakan Literasi dan Budaya membaca. Ucapnya saat memberikan sambutan pada  pada upacara Selasa (19/2).

Dikatakan Soekirman. Budaya baca seharusnya ditanamkan sejak usia dini di lingkungan keluarga sebagai upaya untuk menjadikan keluarga sebagai tempat pembelajaraan dengan melibatkan publik peran serta warga, sekolah, guru, peserta didik, orang tua, akademisi, dunia usaha dan pemangku kepentingan untuk menumbuh kembangkan budaya Literasi di mulai dari tingkat sekolah menjadi Gerakan Literasi.

Perpustakaan merupakan penyedia berbagai koleksi bacaan yang dibutuhkan banyak orang dari berbagai lapisan tanpa membedakan apapun latar belakangnya. Tujuan utama dariPerpustakaan adalah untuk menyediakan koleksi dan layanan dalam berbagai forum media guna memenuhi kebutuhan para pustaka untuk keperluan pendidikan informasi dan pengembangan diri termasuk rekreasi dan pengisi waktu luang. Hal ini ditindaklanjuti dengan adanya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah Perpustakaan merupakan salah satu urusan wajib pemerintah. Tandas Soekirman.

Pada Tahun 2018 dikatakan Soekirman. Sergai salah satu kabupaten di Sumatera Utara yang menerima manfaat program revitalisasi pengembangan perpustakaan umumnasional RI melalui transformasi pelayanan Perpustakaan berbaisi inklusi sosial yang dilaksanakan oleh Perpustakaan Nasional RI, dimana perpustakaan bukan hanya berpedoman dengan buku tapi harus ada inovasi yang berperan untuk kreativitas masyarakat.. Ucapnya mengahiri. (DR01)

Facebook Comments