Dampingi Petani Dosen KesSos FISIP UMSU Bentuk Desa Tangguh Covid-19 Di Langkat

Dampingi Petani Dosen KesSos FISIP UMSU Bentuk Desa Tangguh Covid-19 Di Langkat
LANGKAT~Nusantaranews~ Dalam rangka menyahuti himbauan pemerintah agar masyarakat bersiap untuk new normal alias hidup “berdampingan” dengan COVID-19, tim dosen KesSos FISIP UMSU dampingi petani Desa Sekoci Kabupaten Langkat untuk membentuk Desa Tangguh Covid-19. Minggu (14/06/2020). Hal itu bertujuan untuk menciptakan kemandirian masyarakat dalam menangani pencegahan penyebaran virus Corona.
Ketua tim pelaksana Sahran Saputra, S.Sos, M.Sos memaparkan bahwa ini merupakan program pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dosen sebagai wujud dari tri dharma perguruan tinggi.
Didampingi oleh Mujahiddin, S.Sos, M.SP selaku anggota tim pelaksana, beberapa mahasiswa dan alumni KesSos FISIP UMSU, Sahran menyampaikan bahwa pentingnya Desa Tangguh Covid-19 ini.
“Desa Tangguh Covid-19 dibentuk sebagai langkah menghadapi dampak ganda dari wabah Covid-19, yang bukan hanya berdampak pada kesehatan masyarakat, tapi juga perekonomian, untuk itu langkah antisipasi ketahanan pangan dengan memaksimalkan kebun ketahanan pangan juga menjadi bagain penting dalam membentuk Desa Tangguh Covid-19 ini”, tambah Sahran.
Menurutnya, pembentukan Desa Tangguh Covid-19 ini harus dilengkapi dengan lumbung pangan yang mengedepankan gotong royong membantu warga yang kekurangan.
Sementara itu, Kepala Desa Sekoci, Suarisno menyambut positif kegiatan yang dilakukan oleh Dosen Prodi KesSos FISIP UMSU.
“Kami mengucapkan terimakasih kepada tim dosen Prodi KesSos UMSU yang telah bersedia datang ke desa kami. Kami menyadari bahwa kita butuh untuk saling berjaringan, semoga ini menjadi langkah awal bagi kita untuk terus bersinergi dalam memajukan desa kami”.
Kegiatan ini dihadiri oleh jajaran pemerintahan desa Sekoci, ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), beberapa ketua kelompok tani dan masyarakat lainnya. Peserta terlihat sangat antusias dalam mengikuti rangkaian kegiatan ini.(red)
Facebook Comments