Dinas Kesehatan Medan Observasi Rumah Bagi 16 WNA dan WNI Yang Baru Pulang dari Tiongkok

Foto Ilustrasi Isolasi rumah
Foto Ilustrasi Isolasi rumah

MEDAN ~Nusantaranews~ Dari 83 warga negara asing dan warga negara Indonesia yang baru pulang dari China ke Sumatera Utara diharuskan petugas kantor kesehatan pelabuhan Medan untuk menjalani karantina rumah. 16 orang diantaranya tinggal dan bekerja di Medan, hingga Selasa (11/02/2020).

Guna mewaspadai penyebaran Novel Corona Virus (nCov 2019), Dinas Kesehatan Kota Medan melakukan observasi rumah terhadap 16 warga tersebut, hingga selasa siang, kondisi mereka dalam keadaan sehat terkendali dan tidak menunjukkan gejala klinis terinfeksi virus corona.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan, dr. Edwin Effendi, MSc menjelaskan, mendapat data dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Medan ada 16 warga yang harus menjalankan observasi rumah. “Tiga orang warga negara China yang datang ke kota Medan. Ketiganya masuk tanggal 2 pebruari lalu dari bandara Kuala Namu untuk bekerja di Medan,” tambahnya.

Edwin Effendi menyatakan Petugas Kesehatan Khusus Surveiland Dinas Kesehatan Kota Medan juga menjalankan observasi rumah bagi 13 warga negara Indonesia yang baru pulang dari China. Sebagian besar mereka adalah mahasiswa yang sedang menjalani pendidikan di negeri tiongkok dan wisatawan yang berlibur, serta keperluan keluarga. Mereka datang bergelombang dari tanggal 2 hingga 10 pebruari 2020.

Dari 16 warga yang menjalani observasi rumah tidak satu pun yang berasal dari kota Wuhan, China. Namun dari provinsi lain di China.

Observasi kesehatan ke-16 warga dilakukan petugas kesehatan khusus surveiland dinas kesehatan kota Medan. Observasi dan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan setiap hari dibantu petugas puskesmas terdekat dari tempat tinggal warga tersebar di sejumlah kecamatan di kota Medan.

Hingga selasa siang, Dinas Kesehatan Kota Medan menyatakan 16 orang yang diobservasi dalam keadaan sehat terkendali. Mereka juga tidak menunjukkan gangguan klinis infeksi novel corona virus 2019.

“Memang ada yang disampaikan untuk kita lakukan observasi rumah ya, ada 16 orang dari wilayah China tapi bukan dari Wuhan. Itupun harus kita lakukan pengamatan observasi khusus bukan karantina, setelah kita dapat data orang yang baru berkunjung dari China. Kita tugaskan petugas khusus surveiland. Saat ini sehat terkendali, 3 orang warga China, 13 orang warga Indonesia ada mahasiswa, wisata, keluarga. Insya allah dalam keadaan sehat terkendali. Kita lakukan observasi ketat sesuai data. Sama kita untuk kepentingan kesehatan, jadi perlakukan pengamatan kesehatan sama. tersebat dari medan utara medan timur, ada di beberapa wilayah kecamatan, menyebar,” Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan.

Facebook Comments