Kades Bagan Kuala Apresiasi Pengobatan Gratis “ Dompet Dhuafa Medan”

KESEHATAN GRATIS : Pimpinan Dompet Dhuafa Medan, Sulaiman didampingi dr Ade Surya Sinuhaji dan Kepala Desa Bagankuala Syafril saat memeriksa kesehatan warga

SERGAI-NN

Puluhan warga Desa Bagankuala Kecamatan Tanjungberingin Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) mendapat pengobatan dan pengecekan kesehatan gratis dari “Dompet Dhuafa Medan”, Kamis (28/3).

Pimpinan Dompet Dhuafa, Sulaiman saat diwawancarai  mengaku tujuan diadakannya kegiatan tersebut adalah untuk membantu masyarakat maupun pemerintah menuju pola hidup sehat. Kegiatan itu, lanjut dia, dilaksanakan di 6 desa di seluruh Sumut yang salah satunya ialah Desa Bagankuala.

“Kegiatan ini sebagai bentuk akses layanan kesehatan gratis kepada masyarakat pesisir bekerjasama dengan kepala desa. Kita berharap, usai kegiatan ini masyarakat dapat menjaga pola makan teratur dengan memerhatikan kadar gizi maupun sayur,” ujarnya.

Sementara itu, salah seorang petugas layanan kesehatan gratis Dompet Dhuafa dr Ade Surya Sinuhaji mengatakan, ada 5 penyakit dominan yang diderita masyarakat Desa Bagankuala diantaranya, darah tinggi, kolesterol, gula, Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dan reumatik. Dia juga menyebut dari target 100 peserta, masih 70 warga yang mengikuti program layanan kesehatan gratis tersebut.

“Kita juga sudah berikan edukasi ke masyarakat tentang Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Dimana, kita menjelaskan bagaimana pola makan, pola menjaga diet serta pola membersihkan lingkungan. Kemudian, yang terakhir kita beri obat-obatan gratis dan kita juga siap menyediakan pelayanan kesehatan lanjutan di Medan,” jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Desa Bagankuala Sapril mengungkapkan apresiasinya kepada Dompet Dhuafa Medan yang telah peduli dengan kesehatan masyarakat pesisir. Dia juga mengaku, kiranya kegiatan ini dapat diikuti instansi maupun lembaga sosial lainnya.”Semoga masyarakat Desa Bagankuala menjadi lebih sehat ke depannya,” tutur Syafril.(DR01)

Facebook Comments